Jelang Akhir Tahun, Hakim Mediator Pengadilan Agama Barru Kembali Damaikan Pasutri Hendak Cerai | (14/12)

Written by Admin on .

Written by Admin on . Hits: 63

Jelang Akhir Tahun, Hakim Mediator Pengadilan Agama Barru Kembali Damaikan Pasutri Hendak Cerai

WhatsApp Image 2022 12 14 at 15.57.53

Rabu, 14 Desember 2022, di penghujung tahun ini Hakim Mediator sekaligus Ketua Pengadilan Agama Barru, YM. Salmirati, S.H., M.H., kembali berhasil mendamaikan menjadi juru damai. Sepasang suami isteri yang hendak bercerai, akhirnya sepakat untuk berdamai. 

Pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Namun terkadang kehidupan yang harmonis dalam rumah tangga tidak dapat diwujudkan sebab munculnya konflik antar suami isteri tersebut. Seringkali konflik tersebut berakhir dengan perceraian. Di sisi lain Undang-Undang Perkawinan sendiri telah mensyaratkan asas guna mempersukar perceraian.

WhatsApp Image 2022 12 14 at 15.57.53 1

Salah satu upaya yang ditempuh untuk mencapai perdamaian dalam konflik suami istri adalah melalui mediasi. Pihak-pihak yang bertikai biasanya sangat sulit untuk mencapai kata sepakat. Titik temu yang selama ini beku mengenai hal-hal yang dipertikaikan, biasanya bisa menjadi cair apabila ada yang mempertemukan. Mediasi menjadi suatu prosedur penengah dimana seseorang bertindak sebagai jembatan komunikasi antarpara pihak, sehingga pandangan mereka yang berbeda atas sengketa tersebut dapat dipahami dan mungkin didamaikan. Pada perkara cerai gugat dengan nomor register 392/Pdt.G/2022/PA.Br. ini Ketua Pengadilan Agama Barru, YM. Salmirati, S.H., M.H., menjadi jembatan tersebut. Dengan nalurinya sebagai seorang wanita, hakim mediator memberikan nasihat-nasihat untuk menyentuh hati pasutri tersebut. Setelah mediator menjembatani permasalahan pasutri tersebut, akhirnya kedua belah pihak menyadari kesalahan masing-masing dan bersepakat untuk kembali rukun sebagai suami isteri. "Semoga kedepannya, kehidupan rumah tangga keduanya dapat berjalan dengan baik sehingga terbentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah ", ujar YM. Salmirati, S.H., M.H. (choi)

Add comment


Security code
Refresh

Meningkatkan Kualitas Putusan dan

Kualitas Pelayanan Yang Transparan, Cepat dan Mudah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Barru

Jl. Sultan Hasanudiin No. 111

Telp: 0421-21771
Fax: 0421-21771

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb  ig  wa

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama@2018
G-6S47P2QP0X }); })(jQuery); //responsiveoice