Lagi, Mediasi Gugat Waris di Pengadilan Agama Barru Berakhir dengan Perdamaian | (09/04)

Written by Admin on .

Written by Admin on . Hits: 206

Lagi, Mediasi Gugat Waris di Pengadilan Agama Barru Berakhir dengan Perdamaian

WhatsApp Image 2021 04 09 at 7.10.58 AM

Kamis malam, 8 April 2021, Pengadilan Agama Barru melangsungkan proses mediasi perkara gugatan kewarisaan dengan nomor perkara 62/Pdt.G/2021/PA.Br. Bertindak sebagai mediator dalam proses tersebut Ketua Pengadilan Agama Barru, Andi Muhammad Yusuf Bakri, S.H.I., M.H..

WhatsApp Image 2021 04 09 at 7.10.57 AM

Perkara kewarisan merupakan jenis perkara yang cukup pelik dalam proses penyelesaiannya serta rawan terjadi gesekan antar para pihak berperkara. Para pihak umum ditemui sangat gigih mempertahankan kepentingan masing-masing, sehingga kesepakatan damai sulit dihasilkan. Seringkali penyelesaiannya pun membutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan. Tak ketinggalan dalam perkara gugatan kewarisan dengan aset sengketa berupa tanah, bangunan, sawah, dan empang ini. Proses mediasi berlangsung hingga 14 kali dalam kurun waktu hampir dua bulan. Setelah melalui proses yang panjang dan alot akhirnya para pihak menyepakati keputusan perdamaian. "Ini pertemuan ke-14 dan hampir semua pertemuan berlangsung alot. Syukurlah para pihak semua memahami arti dan manfaat besar perdamaian, sehingga bisa happy ending", ungkap mediator dengan rasa lega.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 7.29.01 AM

Salah satu isi kesepakatan damai menyebutkan bahwa para pihak memohon agar kesepakatan tersebut dikuatkan dengan putusan Hakim. Oleh karena itu, setelah penandatanganan kesepakatan damai pada pukul 19.30 WITA, mediator melaporkan hasil mediasi kepada Majelis Hakim pemeriksa perkara. Majelis Hakim pun langsung menggelar persidangan malam itu juga. Tampak saksi-saksi dihadapkan oleh para pihak di muka sidang. "Malam ini juga kami melaporkan hasil mediasi kepada Majelis Hakim, apalagi hari ini adalah hari terakhir untuk mediasi", ungkap mediator.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 7.28.59 AM

Dari Ruang Sidang Cakra Pengadilan Agama Baru tampak saksi-saksi dihadapkan oleh para pihak di muka sidang. Waktu pun semakin larut, menjelang pukul 21.00 WITA sidang ditunda untuk musyawarah Majelis Hakim dan akan dibuka kembali pada hari Rabu, 14 April 2021.

Salmirati, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Barru yang juga Hakim Anggota I dalam perkara tersebut menyebutkan bahwa proses persidangan hingga malam hari memang tak bisa dielakkan lagi. "Sidang sampai malam memang seringkali tidak bisa kita hindari. Apalagi dalam pemeriksaan perkara gugatan waris seperti ini. Ditambah lagi setelah Hakim di PA Barru hanya tersisa 3 orang, atau satu majelis saja". Meskipun demikian, rasa lelah yang dirasakan menjadi terbayarkan jika penyelesaian perkara tersebut berjalan dengan lancar apalagi hingga mencapai titik perdamaian. "Capek, iya. Tapi kalo damai kayak gini, ya jujur saja, kami sebagai Hakim ikut bahagia sampai kadang lupa kalo lagi capek", imbuhnya sambil tersenyum. (choi)

Add comment


Security code
Refresh

Meningkatkan Kualitas Putusan dan

Kualitas Pelayanan Yang Transparan, Cepat dan Mudah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Barru

Jl. Sultan Hasanudiin No. 111

Telp: 0421-21771
Fax: 0421-21771

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb  ig  wa

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama@2018
G-6S47P2QP0X }); })(jQuery); //responsiveoice