apm 2021

 

1 Ld  2 cs  3 pm  4 sp  5 RM  6 DS  7 PR

 

 

Observasi Implementasi APM 2021, Pengadilan Agama Barru Ditinjau Langsung Oleh Asessor Badilag | (02/11)

Written by Admin on .

Written by Admin on . Hits: 41

Observasi Implementasi APM 2021, Pengadilan Agama Barru Ditinjau Langsung Oleh Asessor Badilag

 WhatsApp Image 2021 11 03 at 3.33.02 PM

Selasa pagi, 2 November 2021, Pengadilan Agama Barru kedatangan kunjungan dari tim asessor eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Kedatangan tim asessor eksternal ini merupakan kelanjutan dari proses penilaian APM 2021. Setelah sebelumnya telah dilakukan penilaian pada telusur dokumen melalui website PMPAPM,  asessor eksternal kemudian melakukan observasi secara langsung terhadap implementasi APM pada satuan kerja.

WhatsApp Image 2021 11 02 at 11.40.12 AM

Dari 27 satuan kerja di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, Pengadilan Agama Barru termasuk di dalam satuan kerja yang mendapat asessment langsung dari Asessor Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag). Kesempatan langka ini tentunya menjadi pengalaman yang berhaga bagi para aparatur. Bertindak sebagai Lead Asessor APM di Pengadilan Agama Barru adalah Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag, Sutarno, S.I.P., M.M. Sekitar pukul 10.00 WITA, beliau bersama pendamping asessor, Yasirli Amri,  S.Kom. dan Panitera Pengganti PTA Makassar, Muhammad Iqbal Yunus, S.H.I, M.H. berkunjung ke Pengadilan Agama Barru.

Ketiganya kemudian berkeliling di Pengadilan Agama Barru untuk meninjau implementasi APM. Sejumlah objek yang menjadi perhatian pada observasi implementasi ini meliputi aspek keberlanjutan, pelayanan publik, penerapan inovasi, serta hasil survei dan laporan akuntabilitas satuan kerja.

 

WhatsApp Image 2021 11 02 at 7.33.22 PM

Sore harinya, seusai melakukan observasi, kegiatan dilanjutkan dengan ekspose hasil temuan. Bertempat di Ruang Sidang Cakra, para asessor dan Aparatur Pengadilan Agama Barru berkumpul untuk membahas hasil temuan. Ekspose berlangsung interaktif dengan adanya proses klarifikasi dan diskusi 2 (dua) arah dari para asessor dengan Aparatur Pengadilan Agama Barru.

 

WhatsApp Image 2021 11 02 at 7.33.22 PM1

Sesuai namanya, proses Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan tiap tahunnya ini bertujuan untuk menjamin serta meningkatkan mutu kinerja pelayanan di pengadilan. Sutarno, S.Ip., M.M., menyebutkan bahwa prinsip dari proses APM sebetulnya hanyalah Plan-Do-Check-Act (PDCA). Plan berarti membuat perencanaan yang matang. Do, dengan melaksanakan perencanaan tersebut sebaik-baiknya. Check digunakan sebagai media evaluasi dan monitoring. Serta Act menjadi tindak lanjut dari apa yang sudah dievaluasi. "Mari sama-sama tanamkan dalam pikiran kita bahwa APM ini sebetulnya hanyalah PDCA. Dengan begitu, maka kita tidak akan terbebani dengan nama berat APM", ujar beliau menutup ekspose sore itu. (choi)

Add comment


Security code
Refresh

Meningkatkan Kualitas Putusan dan

Kualitas Pelayanan Yang Transparan, Cepat dan Mudah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Barru

Jl. Sultan Hasanudiin No. 111

Telp: 0421-21771
Fax: 0421-21771

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb  ig  wa

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama@2018
G-6S47P2QP0X }); })(jQuery);