Pengadilan Agama Barru Ikuti Webinar Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan | (15/04)

Written by Admin on .

Written by Admin on . Hits: 44

Pengadilan Agama Barru Ikuti Webinar Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan

20210415 114801e

Kamisn(15/04/2021), bertempat di Media Center, Wakil Ketua Pengadilan Agama Barru, Salmirati, S.H., M.H., mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Australia-Indonesia Partnershi for Justice (AIPJ2). Mengambil tema “Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan di Indonesia, Malaysia, dan Australia”, webinar ini diikuti oleh para hakim perempuan di empat lingkungan peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Seminar ini dibuka oleh Prof. DR Takdir Rahmadi, S.H., LL.M, Ketua Kamar Pembinaan/Ketua Pokja Perempuan dan Anak, Mahkamah Agung Republik Indonesia yang juga menjadi keynote speaker. Laode Muhammad Syarif, S.H, LL.M, Ph.D.. sebagai moderator dalam seminar ini kemudian mempersilakan para pembicara untuk menyampaikan materinya.

 WhatsApp Image 2021 04 16 at 12.23.20 PM

Pembicara pertama yaitu The Hon. Tengku Maimun Tuan Mat, Ketua Mahkamah Agung Malaysia. Beliau merupakan salah satu inspirasi bagi para hakim perempuan, dimana seorang perempuan pun dapat menduduki pucuk kepemimpinan dalam badan tertinggi peradilan. Sebagai ketua mahkamah agung di negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, beliau berhasil menghilangkan keraguan yang kerap muncul sebagai akibat dari paradigma bias gender. Menurut beliau, tantangan terbesar yang dialami beliau sebagai pemimpin justru tanggung jawab sebagai pemimpin itu sendiri, bukan masalah eksklusivitas gender.

Pembicara kedua adalah The Hon. Justice Judy Ryan, perwakilan dari Family Court of Australia (FCOA). Menurut beliau sistem penunjukkan hakim dan keterlibatan hakim perempuan di Indonesia jauh lebih baik dibandingkan di Australia. Dimana di beberapa negara bagian Australia, masih belum terdapat sosok pemimpin dari kalangan hakim perempuan. Beliau juga menyampaikan bahwa meningkatnya rasio hakim perempuan dalam lingkungan peradilan harus diikuti juga dengan meningkatnya keterlibatan dalam kepemimpinan lembaga.

Selain kedua pembicara internasional tersebut, hadir pula hakim-hakim Indonesia yang turut memberikan refleksi mereka dalam kepemimpinan di satuan kerja masing-masing. Dr. Andriani Nurdin, S.H, M.H, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, memaparkan tentang bagaimana perkembangan dan tantangan para hakim perempuan di Indonesia. Menyambung dengan beliau, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.H, M.H, Hakim Tinggi PT Tanjungkarang menyebutkan bahwa ketika seoang hakim perempuan didapuk menjadi pemimpin di instansinya, maka ia harus menjadi sosok yang pemberani terutama ketka muncul konflik menyangkut lembaga yang dipimpinnya. Dr. Hj. Lelita Dewi, SH, M.Hum, Ketua Pengadilan Agama Pariaman menambahkan bahwa sebetulnya ketika seorang perempuan menjadi pemimpin, ia memiliki kelebihan tersendiri. Rasa keibuan yang secara naluriah dimilki oleh sosok perempuan membuat gaya kepemimpinan terkesan kekeluargaan. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan guna membei rasa nyaman kepada para aparatur pengadilan sehingga tercipta suasana kantor yang kondusif.

WhatsApp Image 2021 04 16 at 12.23.21 PM

Sebagai penutup dalam acara ini, dibukalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. “Perlu terus diadakan sesi sharing ataupun forum antar hakim-hakim perempuan, sehingga mereka dapat saling berbagi pengalaman dan solusi permasalahan dalam dunia peradilan. Forum-forum seperti ini dapat juga menjadi sarana saling menguatkan bagi para hakim perempuan,”ungkap Justice Judy Ryan di sela-sela menjawab pertanyaan para penanya. (choi)

Add comment


Security code
Refresh

Meningkatkan Kualitas Putusan dan

Kualitas Pelayanan Yang Transparan, Cepat dan Mudah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Barru

Jl. Sultan Hasanudiin No. 111

Telp: 0421-21771
Fax: 0421-21771

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb  ig  wa

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama@2018
G-6S47P2QP0X }); })(jQuery);