Menghitung Hari Pelepasan 39 Orang Mahasiswa PPL STAI DDI Mangkoso | (05/04)

Written by Admin on .

Written by Admin on . Hits: 23

MENGHITUNG HARI PELEPASAN 39 ORANG MAHASISWA PPL STAI DDI MANGKOSO

mk01

Tak terasa sudah hampir dua bulan sejak kedatangan 39 mahasiswa PPL STAI DDI Mangkoso di Pengadilan Barru pada 17 Februari 2021 lalu. Tinggal menghitung hari hingga sampai waktu berakhirnya PPL para mahasiswa.

mk03

Selama kurang lebih dua bulan ke belakang ini telah banyak kegiatan yang dijalani oleh para mahasiswa. Para mahasiswa mendapatkan kuliah pendalaman administrasi perkara, pendalaman hukum acara dan hukum materi, serta praktikum sidang yang didampingi langsung oleh para hakim dan aparatur kepaniteraan Pengadilan Agama Barru.

mk004

Mahasiswa juga memperoleh kesempatan untuk terjun langsung dalam proses digitalisasi arsip perkara Pengadilan Agama Barru. Arsip-arsip perkara yang semula berupa file fisik dialihmediakan dalam format digital. Digitalisasi arsip ini mempunyai banyak manfaat di antaranya arsip yang ada menjadi lebih terjaga keamanannya dan  mudah dalam pengelolaan atau pun pencarian data di kemudian hari. Adapun arsip-arsip perkara yang dialihmediakan merupakan arsip dari tahun 2006 hingga 2018.

mk05

Selain kegiatan yang bersifat akademik, para mahasiswa juga dilibatkan secara aktif dalam pembenahan fasilitas publik. Bersama-sama dengan aparatur Pengadilan Agama Barru, para mahasiswa bergotong-royong membenahi fasilitas yang ada guna memberikan pengalaman yang prima bagi para pencari keadilan.

IMG 20210219 WA0007

Tiba saatnya pada Jumat mendatang, 9 April 2021, menjadi akhir masa PPL para mahasiswa STAI DDI Mangkoso. Di akhir masa PPL ini para mahasiswa akan mengadakan acara Pelepasan dan Ramah Tamah. Rizal Gunawan selaku Ketua Panitia Pelepasan dan Ramah Tamah, saat ditemui pada Senin, 5 April 2021, mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai tanda berakhirnya masa kegiatan PPL para mahasiswa.IMG 20210405 WA0010

 

Secara singkat, Rizal menjelaskan bagaimana gambaran acara pelepasan dan ramah tamah tersebut. Kedua acara akan dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Barru. Pada Jumat pagi, kegiatan akan dimulai dengan acara pelepasan. Acara pelepasan sendiri lebih berbentuk seremonial dengan menghadirkan pihak dari kampus STAI DDI Mangkoso dan tentunya pihak Pengadilan Agama Barru. Sementara acara ramah tamah akan dilaksanakan ba’da Sholat Jumat dengan format acara yang lebih santai. Pada acara ini akan dilangsungkan pemutaran dokumentasi kilas balik  kegiatan PPL, penampilan-penampilan spesial dari para mahasiswa, serta penyampaian kesan dan pesan.

Di akhir penjelasannya Rizal menyampaikan beberapa harapan terkait keberlangsungan acara nanti.“Semoga kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga bisa memberikan kesan dan kenangan yang baik bagi Pengadilan Agama Barru maupun bagi kami sendiri”, ujar Ketua Panitia Pelepasan dan Ramah Tamah tersebut. (akbar/amir/choi)

Add comment


Security code
Refresh

Meningkatkan Kualitas Putusan dan

Kualitas Pelayanan Yang Transparan, Cepat dan Mudah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Barru

Jl. Sultan Hasanudiin No. 111

Telp: 0421-21771
Fax: 0421-21771

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb  ig  wa

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama@2018
G-6S47P2QP0X }); })(jQuery);