Frequently Asked Questions (FAQ)

TANYA-JAWAB
UNDANG-UNDANG NO.14 TAHUN 2008
TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

  • Siapa yang dapat mengajukan permohonan informasi publik?
    Setiap warga negara dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  • Apakah persyaratan pengajuan permohonan informasi dan pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
    Melampirkan Kartu Tanda Penduduk untuk pemohon dari individu atau Akta Pendirian Badan Hukum untuk pemohon dari badan hukum.
  • Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
    Tanggapan atas permohonan informasi publik akan disampaikan melalui e-mail pemohon informasi yang dipergunakan saat registrasi
  • Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
    Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya
  • Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
    • Melakukan registrasi pada Portal layanan PPID Pengadilan Agama Barru melalui menu Layanan Informasi Publik dan sub-menu Pengajuan Keberatan;
    • Melengkapi kolom yang telah disediakan;
    • Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
  • Berapa biaya untuk memperoleh informasi?
    Layanan informasi ini tidak dipungut biaya / gratis (dokumen akan diberikan dalam format softcopy)
  • Waktu layanan informasi:
    Setiap hari kerja, pukul 08.00 – 16.00
  • Dimana dan kapan informasi publik dapat diperoleh:
    Informasi publik dapat diperoleh masing-masing badan publik yang menguasai informasi yang diminta. Untuk informasi yang tersedia setiap saat, badan publik wajib memberikan respon maksimal 17 hari kerja setelah permintaan informasi diterima. Untuk informasi yang diumumkan secara berkala, badan publik wajib memberikan respon pada saat permintaan dilakukan. Sedangkan untuk informasi serta merta wajib diberikan secara cepat tanpa penundaan dan permintaan.
  • Apa yang dimaksud cepat, tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana?
    Cepat
    artinya penyampaian informasi publik dilakukan secepat mungkin tanpa penundaan. Tepat waktu artinya penyampaian informasi publik tidak melebihi jangka waktu yang telah ditetapkan oleh UU. Biaya ringan artinya biaya yang dibebankan kepada pemohon adalah biaya yang wajar sesuai dengan harga umum. Misalnya: biaya foto copy pada umumnya 200 per lembar maka badan publik dapat mengenakan biaya standar tersebut. Cara sederhana artinya prosedur untuk mendapatkan informasi harus mudah, tidak menyulitkan, ada kejelasan yang bertanggungjawab terhadap pelayanan permohonan informasi publik, tempat pelayanan mudah informasi publik yang diberikan dalam bahasa yang mudah dipahami, dan memberikan kemudahan kepada setiap pemohon informasi termasuk mereka yang memilik kemampuan berbeda.Untuk menerapkan asas tersebut, maka badan publik juga harus memiliki SOP (Standard Operational Procedure).
  • Bagaimana memperoleh informasi publik Pengadilan Agama Barru?
    Dengan menghubungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Pengadilan Agama Barru Jalan Sultan Hasanuddin No.111. Kabupaten Barru, Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. , Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Apa syarat untuk mendapatkannya?
    Cara mendapatkannya datang langsung atau via media (telp. fax, email dan website), setelah sebelumnya mengisi formulir permintaan informasi publik yang tersedia dengan melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan persyaratan lainnya yang diperlukan;
  • Berapa lama informasi publik dapat diperoleh?
    Informasi publik dapat diperoleh paling lambat 17 (tujuh belas) hari kerja;
  • Berapa Biaya pengiriman informasi publik?
    Kami tidak memungut biaya pengiriman. Pemohon/pengguna informasi dapat mengambil langsung;