Rabu, 15 Juli 2015 02:12

Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Berganti

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Melalui pemungutan suara, H. Suwardi, S.H., M.H. terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial periode 2014-2019. Ia akan menggantikan Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum., yang jabatannya sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial berakhir pada 10 Februari 2014.

Pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial itu dilakukan dalam sidang paripurna khusus MA di lantai 12 Gedung Sekretariat MA, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2014).

Sebanyak 47 hakim agung, termasuk para pimpinan MA, memberikan suaranya. Pemungutan suara hanya dilakukan dalam satu kali putaran, karena ada satu calon yang berhasil memperoleh 50 persen plus satu suara.

Hasil perhitungan suara menunjukkan, hanya ada dua nama yang mendapatkan suara. Keduanya adalah Suwardi yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Kamar Perdata MA dan Ahmad Kamil selaku petahana Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial. Suwardi berhasil memperoleh 28 suara, sedangkan Ahmad Kamil hanya memperoleh 19 suara.

“H. Suwardi memperoleh 28 suara dan sudah melampuai 50 persen plus satu, sehingga sesuai tata tertib, Yang Mulia H. Suwardi ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial terpilih,” ujar Sekretaris MA Nurhadi, S.H., M.H., yang memimpin jalannya sidang pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial.

Pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial ini dilakukan dengan mengacu kepada ketentuan Pasal 8 ayat 7 UU Nomor 3 Tahun 2009 tentang Mahkamah Agung. Di sana disebutkan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MA dipilih dari dan oleh hakim agung dan ditetapkan oleh Presiden RI.

Ketua MA Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. bersyukur pesta demokrasi dengan agenda tunggal pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial ini terlaksana dalam suasana aman, tertib dan lancar.

“Atas nama pribadi maupun lembaga, saya mengucapkan selamat kepada pejabat terpilih, Saudara H. Suwardi, S.H., M.H. Kami berharap semoga pejabat terpilih dapat mengemban tugas dan amanah yang dipercayakan selama 5 tahun ke depan,” ujar Ketua MA.

Ketua MA juga berharap Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial terpilih dapat mendukung dan melaksanakan seluruh program MA, bersama-sama dengan para pimpinan lainnya, beserta seluruh aparat MA, untuk mencapai visi-misi MA dalam mewujudkan peradilan yang agung.

Selaku Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial terpilih, Suwardi mengucapkan terimakasih kepada para hakim agung yang telah memberinya kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial.

“Apabila telah dilantik, sebagai pejabat yang baru, dengan sendirinya saya akan meneruskan program kerja Bapak Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial sebelumnya,” kata Suwardi.

Ia juga mengungkapkan, sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, ia akan membantu tugas-tugas Ketua MA di bidang non-yudisial. “Di samping itu, sebagai hakim agung, kami juga tetap menangani bidang yudisial, yaitu menangani perkara, sesuai bidang saya: perdata,” Suwardi menambahkan.

Seusai pemilihan, Suwardi mendapat ucapan selamat dari pimpinan dan hakim agung MA, termasuk dari Ahmad Kamil yang baru saja diunggulinya dalam pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial.

Pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial ini dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II MA, para pimpinan pengadilan tingkat banding dari empat lingkungan peradilan dan para undangan lainnya. Acara ini juga dihadiri pimpinan dan hakim agung MA yang sudah purnabhakti.

Read 836 times Last modified on Jumat, 21 Agustus 2015 06:09
Mustajab. SH.i

Mohon maaf atas ketidaknyamanan apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam konten website ini dan Semoga anda dapat memperoleh informasi-informasi yang anda butuhkan di Website ini.