Jumat, 26 Juni 2015 02:10

MA Selenggarakan Lomba Pencarian dan Analisis Putusan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Satu terobosan penting dilakukan Mahkamah Agung menjelang tutup tahun 2013. Kepaniteraan MA bekerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan lomba pencarian dan analisis putusan pengadilan untuk mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum seluruh Indonesia.

“Lomba akan dimulai pada tanggal 26 Desember 2013 dan ditutup pada 31 Januari 2014,” kata Koordinator Data dan Informasi Kepaniteraan MA, Asep Nursobah, kepada Badilag.net pekan lalu.

Lomba ini terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif program S1 Fakultas Hukum, Fakultas Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, Program Studi Ilmu Hukum dan/atau Jurusan Syariah. Usia maksimal peserta lomba adalah 23 tahun.

Agar bisa mengikuti lomba, para peserta diharuskan melakukan pendaftaran dan mengumpulkan berkas analisis putusan melalui situs resmi lomba, yaitu lombaputusan.mahkamahagung.go.id.

Rencananya, para pemenang lomba akan diumumkan pada 5 Maret 2013. Sebelum itu dilakukan seleksi administrasi dan substansi oleh dewan juri.

Dewan juri dalam lomba ini terdiri atas para hakim/pejabat MA; para staf pengajar Fakultas Hukum, Fakultas Syari’ah, Fakultas Syari’ah dan Hukum yang berada dalam jaringan kepanitiaan lomba; dan unsur komunitas hukum lainnya yang ditunjuk oleh panitia.

Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori perseorangan dan kategori kelompok yang terdiri dari tiga orang.

Peserta lomba hanya boleh mengikuti satu kategori. Peserta lomba juga hanya boleh memilih satu topik. Selain itu, peserta lomba kategori kelompok harus berasal dari perguruan tinggi yang sama.

Topiknya beragam

Ada beragam putusan yang dapat dianalisis dan diikutkan lomba. “Syaratnya, putusan yang dianalisis itu diunduh dari Direktori Putusan MA,” kata Asep Nursobah.

Secara garis besar, yang dapat diikutkan lomba adalah analisis terhadpa putusan perkara perdata, perdata khusus, perdata agama, pidana umum, pidana khusus, tata usaha Negara, dan pidana milter.

Tiap-tiap jenis perkara itu dibagi menjadi sejumlah topik. Perkara perdata agama, misalnya, meliputi topik ekonomi syariah, harta bersama, waris Islam, hibah, wakaf, perceraian, dan sengketa perkawinan lainnya.

“Putusan harus telah berkekuatan tetap,” Asep Nursobah menambahkan.

Setiap peserta diwajibkan melakukan analisis terhadap satu putusan. Dan khusus untuk kategori kelompok, analisis putusan itu harus ditambah dengan skenario persidangan yang bisa disimulasikan oleh tiga orang.

Hadiahnya besar

Pihak Panitia menyediakan hadiah yang cukup menggiurkan kepada para pemenang lomba. Selain berupa piala, hadiah itu juga berbentuk uang.

Untuk kategori perseorangan, juara I akan memperoleh hadiah Rp 7,5 juta, juara II memperoleh Rp 5 juta dan juara III mendapatkan Rp 4 juta.

Untuk kategori kelompok, juara I akan diganjar uang Rp 22,5 juta, juara II memperoleh Rp 15 juta dan juara III mendapatkan Rp 12 juta.

Di samping itu, panitia juga menyediakan hadiah berupa uang untuk para peserta terbaik. Tujuh orang peserta terbaik kategori perseorangan berhak memperolah hadiah masing-masing Rp 1 juta. Sedangkan dua peserta terbaik kategori kelompok akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp 3 juta.

Harus orisinal

Aksi plagiarisme sangat diharamkan dalam lomba ini. Berkas analisis putusan yang diikutkan lomba harus karya orisinal peserta yang belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kegiatan lomba sejenis.

Jika ditemukan tindakan plagiarisme dalam berkas analisis putusan yang telah dikirim, maka panitia akan membatalkan atau mendiskualifikasi peserta dari keikutsertaan lomba.

Selain itu, apabila di kemudian hari finalis atau juara lomba terbukti telah melakukan tindakan plagiarisme, maka panitia akan mencabut status juara lomba dan menarik kembali segala hadiah yang telah diterima peserta yang berstatus juara itu.

Informasi detail mengenai lomba ini dapat diperoleh di situs lombaputusan.mahkamahagung.go.id. Di samping itu, informasi lengkap mengenai lomba ini dapat juga ditanyakan secara langsung kepada Sekretariat Panitia Lomba Pencarian dan Analisis Putusan Pengadilan/Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. A. H. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Jawa Barat 40614 atau melalui telpon 022-7802278 atau e-mail dengan alamat Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .

 

 

 

Read 776 times Last modified on Jumat, 21 Agustus 2015 06:10
Mustajab. SH.i

Mohon maaf atas ketidaknyamanan apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam konten website ini dan Semoga anda dapat memperoleh informasi-informasi yang anda butuhkan di Website ini.