Kamis, 28 April 2016 05:58

Kontingen PTWP PA Barru meraih Juara III di Turnamen PTWP KPTA Cup V 2016 di Pinrang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Barru, 25 April 2016

Pinrang, Olah raga tenis sudah membudaya  di lingkungan Pengadilan, sebab setiap 3 tahun sekali Mahkamah Agung selalu menyelenggaran turnamen tenis skala nasional untuk memperebutkan piala Ketua Mahkamah Agung Cup. Penyelenggaran tersebut diikuti oleh seluruh provinsi dalam empat lingkungan Peradilan  di  Indonesia melalui utusan  dari tiap daerah dari organisasi tenis Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP).  Khusus PTA Makassar, untuk mempersiapkan para atletnya, Pengurus Daerah dari Persatuan Tenis Warga Pengadilan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar, menyelenggarakan turnamen  agenda tahunan yang dilaksanakan  setiap 2 tahun sekali secara bergantian pada tiap wilayah.

Pada tahun 2016 ini, Wilayah I yang punya giliran dan PA Pinrang ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menyelenggaran even KPTA Makassar V dan dilaksanakan pada 22 sampai dengan tanggal 24 April 2016.  Turnamen tersebut dibuka secara resmi oleh KPTA Makassar, Bapak Drs. Hasan Bisri, S. H., M. Hum. Dalam sambutannya pada acara pembukaan yang dipusatkan di halaman kantor bupati Pinrang,  beliau menyampaikan  bahwa even ini bertujuan selain untuk meningkatkan kemampuan atlit dan mencari bibit juga dijadikan pula sebagai ajang silaturrahim bagi warga peradilan dalam wilayah sulawesi selatan dan barat.

Ajang KPTA Makassar Cup tahun 2016 ini diikuti oleh 25 Tim yang dibagi menjadi 6 grup (pool)  dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Tiap pool memperebutkan dua tiket untuk melaju ke babak berikutnya. Tim PTWP Cabang Pengadilan Agama Barru yang merger dengan PA Enrekang, menempati pool D bersama dengan PA Watansoppeng merger PA Bantaeng dan PA  Makassar. Grup ini termasuk grup “neraka”, karena ketiganya memiliki atlit nasional. Untuk PA Barru     keberadaan Muh. Ma,ruf, S. H.,  yang selama menjadi langganan  mewakili PTA Makassar ke Mahkamah Agung Cup membuat lawan harus mengatur strategi jitu  untuk menaklukkannya. Pada babak penyisihan, PA Barru/Enrekang lolos ke babak berikutnya dan harus bertemu dengan tim unggulan yang menjadi renner up pada turnamen sebelumnya tahun 2013 di Bone, yakni PA Mamuju. Pertarungan dalam babak ini sangat menegangkan. Partai pertama yang menurunkan Maskur dan Ansar takluk dari pemain nasional Heril Anwan dan Arfan dengan angka telak 8 :1. Pada partai kedua PA Barru menurunkan atlit nasioanalnya (Muh. Ma,ruf) berpasangan dengan Gunawan (KPA Barru)  dan PA Barru memenangkan dengan skor akhir yang meyakinkan 8:2. Pada partai penentuan terjadi ketegangan antar kedua tim karena masing-masing pasangan saling kejar-mengejar angka hingga angka 6:6, namun berkat kematangan pasangan Muh. Tang dan Muiz, Partai ini dimenangkan oleh PA Barru dengan skore 8:6. Setelah itu PA Barru harus berhadapan dengan tim PTA Makassar A. pada babak ini PA Barru  mampu menaklukkan PTA Makassar sehingga PA Barru harus bertarung dengan juara bertahan PA Bulukumba di babak semi final.

 

Dengan penuh semangat dan percaya diri, skuadron tim tenis  PA Barru dapat mengimbangi sang juara bertahan, namun  faktor keberuntungan belum memihak pada Tim  PA Barru. Pada partai pertama tim PA Barru menurunkan Muh. Tang dan Muiz dan unggul dengan angka yang meyakinkan 8:2. Pada partai yang kedua Tim PA Barru menurunkan Muh. Ma,ruf dan Gunawan berhadapan dengan pemain terkuat PA Bulukumba Ambo Sakka dan Irham. Pada partai ini, penonton disuguhkan dengan permainan yang apik dan menarik  sekaligus menegangkan. Penonton  tidak hanya memadati tribun, namun   sampai di luar pagar lapangan hingga memacetkan kendaraan lalu lintas di sekitar lapangan PELTI Pinrang yang terletak di Jl. Sultan Hasanudddin. Menurut Panitia, inilah partai yang paling seru  dan menarik sekaligus paling banyak disaksikan pasangan mata selama turnamen berlangsung. Bagaiman tidak,  dua dari  empat atlit yang diturunkan merupakan atlit nasional, yakni MUh. Ma,ruf dan Irham. Pada pertandingan ini  PA Bulukumba terus memimpin hingga 7:4. Akan tetapi PA Barru tidak tinggal diam hingga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 7:7. Akan tetapi berkat kematangan dan faktor keberuntungan, PA Bulukumba unggul tipis dengan angka 8:7. Pada partai penentuan PA Bulukumba menang sehingga melenggang ke partai puncak melawan PA Watan Soppeng/PA Bantaeng. Pada Partai puncak, PA Bulukumba yang memenangkan laga dan merebut mahkota juara untuk yang ketiga kalinya secara beruntun,  sementara PA Soppeng/Bantaeng harus puas diurutan kedua. Adapun  Tim PTWP PA Barru/PA Enrekang dan Tim PA Pangkep masing-masing mendapatkan juara III secara bersama.

Pada apel pagi hari Senin tanggal 25 Maret 2016,  pengurus   pengurus PTWP Cabang Barru secara khusus mempersembahkan Tropi kejuaraan KPTA Makassar Cup V kepada kantor PA baru yang diserahkan oleh pengurus PTWP yakni Ibu Dra. Musyayyadah, S.H., untuk diserahkan kepada Ibu Hj. Fahimah Arsyad, S. H., M. H., (Wakil Ketua PA Barru). Dalam amanatnya Drs. H. Gunawan, M.H. (Ketua PA Barru)   mengatakan bahwa, baik pemain maupun suporter telah berusaha maksimal dengan memberikan yang terbaik, namun dewi fortuna belum berpihak kepada kita, dan hasil yang kita peroleh dengan menjadi juara III sudah merupakan prestasi yang luar biasa yang harus kita syukuri, karena PTWP PA Barru sejak pelaksanaan turnamen PTWP PTA Makassar Cup V tidak pernah diperhitungkan untuk bisa sampai ke babak delapan besar apalagi sampai semi final. Karena itu, beliau meminta kepada para pemain agar giat berlatih agar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi pada masa-masa yang akan datang. (TIM IT PA BARRU)

 

Read 953 times Last modified on Kamis, 28 April 2016 06:26
Mustajab. SH.i

Mohon maaf atas ketidaknyamanan apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam konten website ini dan Semoga anda dapat memperoleh informasi-informasi yang anda butuhkan di Website ini.