Kamis, 28 April 2016 05:32

PA Barru menerima “Kado Istimewa” Dalam peresmian Ruang Pelayanan Publik

Written by 
Rate this item
(0 votes)

PA Barru menerima “Kado Istimewa”
Dalam peresmian Ruang Pelayanan Publik

 

Barru, 21 Maret 206

Gedung megah yang berdiri kokoh  saat memasuki kota  tampak “bersinar” menghiasi kabupaten Barru. Bagimana tidak, setelah berdiri selama sepuluh tahun baru saja usai dilakukan pengecatan total dengan warna yang cerah sehingga menarik untuk dipandang, bahkan tidak jarang musfir sengaja mampir untuk mengambil gambar sekalian menghilangkan penat setelah menempuh perjalanan panjang baik dari arah Makasar ke daerah maupun dari arah utara kota. Karena posisinya yang strategis, terletak di Jalan poros, Barru - Makassar, maka  kebersihan dan keindahannya harus selalu dijaga  agar wibawa lembaga ini sebagai bagian dari lembaga peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI tetap terpelihara, demikian komitmen warga Pengadilan Agama Barru dibawah pimpinan Drs. H. Gunawan, M. H., (Ketua PA) dan Dra. Hj. Fahimah, S. H., M. H. (Wakil Ketua).

Hari Kamis tanggal 21 April 2016 merupakan hari istimewa yang membahagiakan bagi seluruh warga pengadilan Agama Barru, karena seluruh unsur pimpinan dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar beserta rombongan berkenan hadir dalam acara peresmian pelayanan publik oleh Bapak Ketua PTA Makassar, Drs. H. Hasan Bisri, S. H., M. Hum. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada warga PA Barru karena dalam waktu yang relatif singkat yakni sekitar dua bulan PA Barru berhasil menyerap anggaran belanja tambahan (ABT) di akhir  tahun berupa penambahan ruangan untuk pelayanan publik sebagai  keharusan bagi suatu lembaga pelayanan  modern. Selain itu Bapak KPTA Makassar,  juga memberikan apresiasi kepada Ketua Pengdilan Agama  Barru beserta jajarannya yang telah berhasil memperoleh sertifikat tanah kantor PA Barru yang telah lama dinantikan, yakni sepuluh tahun diperjuangkan semenjak didirikannya pada tahun 2006 silam dari tiga pimpinan sebelumnya secara bersinambung  hingga saat ini.

Dalam acara tersebut, Panitia pelaksana sengaja mengundang Bapak kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Barru untuk menyerahkan sertifikat tanah kantor kepada Bapak Ketua PTA Makassar sebagai “kado istimewa”  bagi Bapak KPTA Makassar  menjelang acara purnabakti beliau pada tanggal 29 April 2016 mendatang.  Dalam acara penyerahan tersebut KPTA Makassar. Ketua Pengadilan Agama Barru  Drs. H. Gunawan, M. H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak bergabung  di Barru pada tanggal 1 Oktober 2015/enam bulan yang lalu, ia diperhadapkan dengan dua hal yang sangat mendesak untuk segera direalisasikan, yakni pembangunan ruang pelayanan publik dan perbitan sertifikat tanah kantor.  Untuk ruang pelayanan, sejatinya harus terpisah dengan pintu masuknya pegawai sebagai wujud suatu pelayanan modern untuk menciptakan kenyamanan bagi para pihak sekaligus  menghindari kontak antara pencari keadilan dengan pegawai pengadilan. Adapun  sertifikat tanah kantor juga sangat penting untuk segera diselesaikan karena selama ini selalu menjadi temuan bila dilakukan pengawasan dan pembinaan baik dari pengawas internal maupun eksternal.

Hadir dalam acara itu, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar beserta isteri, Panitera Pangadilan Tinggi Agama Makassar beserta isteri, Ketua Pengadilan Negeri Barru, kepala Kantor BPN Kabupaten Barru,Para Hakim Tinggi PTA Makassar beserta rombongan,   Koordinator Pengadilan Agama se wilayah II (Ibu Dra. Hj. Martina Budiana Mulya/KPA Parepare),   seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Barru. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qari terbaik tingkat anak-anak Kabupaten Maros yang sementara menempuh pendidikan di Pondok pesantren DDI Mangkoso, pembacaan doa oleh Bapak Ali Rasyidi muhammad, Lc., Hakim PA Barru,  sepatah kata dari KPA Barru, Sambutan oleh KPTA Makassar  dan   pengguntingan pita oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar  yang menandai diresmikannya penggunaan ruang Pelayanan Publik dan pengaduan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan peninjauan ruangan  pelayanan dan ruan persidangan Pengadilan Agama Barru. Pada saat KPTA Makassar besrta seluruh undangan memasuki ruangan pelayanan, mereka disambut hangat oleh  petugas tetap yang pelayanannya tak kalah dengan resepsionis hotel berbintang lima. Selain itu suasana rungan juga sangat   meyenangkan. Karena selain tertata rapi,  juga telah dipenuhi dengan berbagai “hiasan” panflet informasi yang sangat dibutuhkan bagi para pencari keadilan. Kecuali itu,  agar para piahak tidak bosan dan merasa nyaman saat menunggu antrean sidang, dalam ruangan tersebut juga disediakan air meneral dan permen serta  monitor jadwal persidangan dan monitor hiburan berupa tv 23 inci. Suatu hal yang unik, ialah para pengunjung juga disuguhkan dengan musik instrumentalia yang sayup terdengar untuk menghangatkan  suasana baik pada saat mendaftar perkara maupun waktu menunggu giliran sidang.  KPTA Makassar serta tamu undangan  pada umumnya merasa sangat puas dengan kondisi ruangan yang sejuk dan nyaman tersebut.

Acara tasyakuran sendiri dilaksanakan di halaman parkir  Pengadilan Agama Barru yang terletak di belakang gedung. Ketua Pengadilan Agama Barru, Drs. H. Gunawan, M. H.,selaku penyelenggara menyampaikan rasa syukur atas terselesaikannya pembangunan ruang pelayanan publik Pengadilan Agama Barru. Ruang tersebut dibangun selama satu bulan lebih dengan biaya sejumlah Rp. 200.000.000,- dengan menggunakan Anggaran Belanja Tambahan tahun 2015. (TIM IT PA Barru).

            

 

Read 998 times Last modified on Kamis, 28 April 2016 05:58
Mustajab. SH.i

Mohon maaf atas ketidaknyamanan apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam konten website ini dan Semoga anda dapat memperoleh informasi-informasi yang anda butuhkan di Website ini.